Seniman yang berbasis di Bandung, Arkiv Vilmansa, memamerkan karyanya di depan Ikea Art Event yang disebut dengan “Hira”. Acara tahunan tahun ini menampilkan delapan karya seni kaca yang dibuat oleh seniman dari seluruh dunia. (JP / Liza Yosephine)

Arkiv Vilmansa telah berusaha melampaui rancangan mainan untuk membuat karya seni kaca untuk koleksi terbatas dalam kolaborasi dengan retail furnitur asal Swedia Ikea.

Arkiv menciptakan satu dari delapan patung yang dirancang oleh seniman di seluruh dunia yang akan tersedia di toko Ikea di seluruh dunia pada Art Event tahun 2018.

Berbicara pada konferensi pers pada hari Rabu, Arkiv mengatakan kolaborasinya dengan Ikea dimulai pada tahun 2015, ketika perusahaan ritel mendekatinya setelah melihat karyanya di sebuah pameran di Manila, Filipina.

Arkiv segera mulai bekerja pada desain untuk koleksi tahunan, tahun ini berfokus pada seni kaca, bentuk seni Swedia yang ikonik yang mengalami ledakan di tahun 1800-an.

“Saya belum pernah bekerja dengan kaca sebelumnya. Sebagai perancang mainan, saya kebanyakan bekerja dengan vinyl,” kata Arkiv.

Lulusan arsitektur itu mencoba tantangan dengan antusiasme. Setelah mengusulkan tiga desain, emas merah Arkiv “Hira” akhirnya dipilih sebagai Limited Edition.

Pada tahun 2016, Arkiv menuju ke negara Skandinavia untuk menyaksikan produksi patung tangan pertama di sebuah pabrik di Maleras, tidak jauh dari markas Ikea di Almhult. Di sana, ia menyaksikan ketepatan dan keterampilan yang diterapkan untuk menghasilkan setiap patung.

“Ini semua tentang keahlian. Dalam produksi, masing-masing patung berjalan melalui proses satu kali dari awal hingga akhir, tanpa kesempatan untuk penyesuaian sepanjang jalan, jadi itu harus sempurna,” katanya.

mirip tengkorak kaca karya seni ikea art event 2018

Arkiv Vilmansa telah menciptakan ‘Hira’ untuk Ikea Art Event 2018. Potongan abstrak red-gold terinspirasi oleh kisah Cave of Hira, dan mewakili kehidupan. (JP / Liza Yosephine)

Nama patungnya terinspirasi oleh kisah Gua Hira, tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Al-Qur’an. Desain mirip tengkorak dari patung itu, kata Arkiv, adalah visualisasi abstrak kehidupan.

Manajer pemasaran Ikea Indonesia Eliza Fazia mengatakan, Acara Seni tahunan bertujuan untuk mendemokratisasi karya seni dan membawa seni ke setiap rumah.

“Untuk alasan ini, Ikea bekerja sama dengan seniman-seniman terkenal di dunia untuk menciptakan karya seni berkualitas yang masih terjangkau,” kata Eliza. Dia menambahkan bahwa masing-masing potongan tersedia seharga Rp 799.000.

Desainer lain yang terlibat dalam kolaborasi tahun ini termasuk desainer mainan AS dan seniman Joe Ledbetter, ilustrator Hong Kong dan desainer mainan Michael Lau, serta Mark Landwehr dan Sven Wasch dari duo artistik Jerman Coarse, yang menciptakan seekor rubah dalam gelas teal.

Artis manga Jepang Junko Mizuno, ilustrator Inggris James Jarvis, seniman Kanada Nathan Jurevicius dan seniman kaca Swedia Ludvig Lofgren juga menyumbangkan kreativitas mereka ke Art Event 2018.

Ikea Indonesia menempatkan delapan patung dalam sebuah pameran bergaya di lantai bawah gerainya untuk menyoroti potongan-potongan koleksi terbatas.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *