Ada banyak sifat yang dapat membantu Anda menjadi sukses. Kebanyakan orang yang hanya sekedar berdagang mungkin mereka berpikir hanya mempertimbangkan untung rugi (materi). Sedangkan jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis handal, Anda mungkin lebih baik dengan berfokus pada hal-hal yang akan membuat Anda kredibel.

Kredibilitas, bisa dibilang tolok ukur dari kesuksesan. Itu berarti orang lain memandang Anda sebagai sumber daya dan pembuat keputusan yang andal. Hal ini memungkinkan mereka yang mengandalkan Anda untuk mengetahui bahwa mereka dapat memandang Anda, mempercayai Anda, mantab berbisnis dengan Anda, dan sejajar dengan Anda.

Menjadi kredibel berarti menumbuhkan serangkaian kualitas yang sangat spesifik. Tidak peduli apa peran Anda, personal, organisasi atau industri. Jika Anda serius tentang membangun kredibilitas, di sini adalah apa yang harus Anda lakukan:

1. Jadilah orang yang dapat dipercaya.

Untuk mengembangkan kredibilitas, Anda harus membangun kepercayaan, mendapatkan kepercayaan atau amanah. Jika orang-orang menyukai Anda, mereka akan mempercayai Anda, dan jika mereka mempercayai Anda, mereka akan berbisnis dengan Anda. Nilai kepercayaan kepada Anda lebih penting daripada rekening bank yang Anda miliki.

2. Jadilah kompeten.

Menjadi ahli di bidang Anda, seseorang dengan kemampuan untuk menganalisis situasi dan mengembangkan beberapa solusi potensial. Percaya diri pada kemampuan Anda sehingga orang tahu Anda adalah orang yang dapat mereka andalkan.

3. Bersikap konsisten.

Segala yang Anda lakukan, perkataan dan pemikirkan harus konsisten. Pesan-pesan yang Anda sampaikan, tindakan yang Anda ambil, dan hal-hal yang Anda masukkan ke dalam hati dan pikiran Anda, semua pikiran harus sejajar dengan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Kredibilitas hanya terjadi ketika semuanya konsisten, dari dalam ke luar.

4. Original.

Anda perlu keaslian untuk menumbuhkan kredibilitas; ketika Anda mencoba untuk memenangkan kepercayaan, Anda tidak dapat mengandalkan pendekatan “omong kosong”. Dasar untuk membangun bisnis Anda atau kepemimpinan Anda adalah fondasi yang kokoh yang memberikan stabilitas luar biasa dan abadi, tidak peduli perubahan apa pun yang akan terjadi di depan.

5. Bersikaplah tulus.

Menjadi kredibel berarti bersikap tulus. Itu berarti Anda tidak harus mengatakan semua yang Anda pikirkan, tetapi Anda harus mengatakan apa yang Anda ingin katakan. Untuk Ketulusan membutuhkan komitmen dan dedikasi dan kesediaan untuk tetap teguh, tak tergoyahkan dan selalu berterus terang – tidak peduli apa pun.

6. Respect

Bersikap hormat kepada orang lain mungkin tidak berarti apa-apa bagi Anda, tetapi itu bisa berarti segalanya bagi mereka. Perlakukan semua orang dengan hormat – bukan karena Anda mengharapkan sesuatu, tetapi karena Anda tahu mereka pantas mendapatkannya. Bukan soal title, posisi, akan tetapi rasa hormat yang memberi Anda kredibilitas.

7. Bertanggung jawab.

Untuk membangun kredibilitas, Anda harus bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan Anda. Saat Anda membuat kesalahan, lakukan sendiri dan ambil langkah untuk memperbaiki kesalahan. Bila Anda tidak yakin, katakan demikian.

8. Jadilah setia.

Kredibilitas Anda tumbuh ketika Anda mencari kepentingan terbaik mereka di sekitar Anda. Ini tentang melayani dan melindungi orang lain. Kesetiaan adalah rasa yang merupakan komitmen bersama untuk sukses.

9. Bersikaplah jujur.

Bagian dari membangun kredibilitas adalah mengembangkan reputasi untuk berbicara dengan keterusterangan dan kejujuran. Transparansi adalah batu kunci fundamental untuk bisnis dan sumber inti kredibilitas.

10. Jadilah orang yang berprinsip.

Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain. Belajar untuk menjadi diri sendiri, jadilah Anda orang yang berprinsip, berdiri tegak untuk nilai-nilai yang Anda yakini. Selalu berusaha untuk meningkatkan diri Anda menjadi lebih baik hari ini daripada kemarin, bekerja untuk melayani orang-orang di sekitar Anda dan dunia dengan keyakinan inti yang unik Anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *